Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh variabel pendapatan nasional, inflasi, suku bunga dan jumlah uang beredar terhadap konsumsi masyarakat yang digambarkan oleh variabel pengeluaran konsumsi mayarakat. Peneilitan ini dilakukan di Indonesia pada kurun waktu tahun 1988 sampai 2005. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Pendekatan ECM (Error Correction Model).
Besarnya tingkat pengaruh variabel pendapatan nasional, inflasi, suku bunga deposito riil dan jumlah uang beredar terhadap pengeluaran konsumsi di Indonesia dalam jangka pendek yaitu 69,98 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dalam jangka panjang variasi variabel independent mampu pengaruhi variasi dependent sebesar 0,984057 menunjukkan bahwa variabel independent lebih mampu menjelaskan variabel dependent sebesar 98,40% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Tanda koefisien koreksi kesalahan sebesar 0,69 menunjukkan bahwa 0,69 ketidaksesuaian antara pengeluaran konsumsi (Y) yang aktual dengan yang diinginkan akan dieliminasi atau dihilangkan dalam satu tahun. Hasil dari uji asumsi klasik ternyata ditemukan masalah asumsi klasik yaitu multikolinearitas, sedangkan heteroskedasitas dan autokorelasi tidak ada masalah.
Untuk menghilangkan masalah multikolinearitas, dilakukan dengan cara menghilangkan variabel jumlah uang beredar. Sehingga diperoleh spesifikasi model penelitian yang dipakai adalah tepat dan mampu menjelaskan hubungan jangka pendek dan jangka panjang. Dengan demikian persamaan tersebut sudah sahih dan tidak ada alasan untuk ditolak.
Berikut kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini:
Besarnya pengaruh variabel pendapatan nasional, inflasi, suku bunga deposito riil dan jumlah uang beredar terhadap pengeluaran konsumsi di Indonesia dalam jangka pendek yaitu 75,12 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Variabel pendapatan nasional pada jangka pendek dan jangka panjang secara statistik positif dan signifikan, berarti pendapatan nasional berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di Indonesia periode 1988-2005.
Variabel tingkat inflasi pada jangka pendek secara statistik tidak signifikan, berarti tingkat inflasi tidak berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di Indonesia periode 1988-2005
Variabel suku bunga deposito dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi. Dalam jangka panjang mempunyai hubungan yang tidak signifikan yang artinya tidak berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi
Variabel jumlah uang beredar dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi.
Berdasarkan pengujian secara serempak dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa variabel independent secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependent, artinya pendapatan nasional, inflasi, suku bunga deposito dan jumlah uang beredar berpengaruh secara bersama-sama terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat Indonesia.
Untuk konsultasi mengenai Olahdata lebih lanjut, silahkan menghubungi:
CS : 021-71088944 – 0819 4505 9000
YM : abays_khan
e-mail : info@bengkeldata.com
Beta Consulting
www.olah-data.com
www.bengkeldata.com
Keywords: Penelitian, pendapatan, inflasi, suku bunga, uang, pengeluaran, konsumsi, ECM, deposito, regresi, independent, dependent, uji asumsi klasik, multikolinearitas, heteroskedasitas, autokorelasi, uji F
Monday, July 26, 2010
Analisis Data Statistik : Analisis Data Faktor-Faktor Konsumsi di Indonesia dengan Pendekatan ECM (Error Correction Model)
Diposkan oleh
opan
Label: analisis data, analisis data statistik, jasa riset pasar, jasa statistik, jasa survei, konsultan riset pasar, konsultan statistik, konsultan survey, olahdata, olahdata statistik, Statistical Theory
technorati: analisis data, analisis data statistik, jasa riset pasar, jasa statistik, jasa survei, konsultan riset pasar, konsultan statistik, konsultan survey, olahdata, olahdata statistik, Statistical Theory
Label: analisis data, analisis data statistik, jasa riset pasar, jasa statistik, jasa survei, konsultan riset pasar, konsultan statistik, konsultan survey, olahdata, olahdata statistik, Statistical Theory
technorati: analisis data, analisis data statistik, jasa riset pasar, jasa statistik, jasa survei, konsultan riset pasar, konsultan statistik, konsultan survey, olahdata, olahdata statistik, Statistical Theory
Gostou deste artigo? Deixe um comentário ou assine nosso Feed.
Artigos Relacionados
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
seja o primeiro a comentar!